Selamat Datang

Alhamdulillah, blog ini masih dapat dimanfaatkan untuk melengkapi kekurangan fasilitas website http://syaifuddin-mr.com/
Blog ini digunakan untuk memperpanjang pertemuan kuliah yang dibatasi tempat dan waktu. Semoga bermanfaat.

Syaifuddin

15 Agustus 2018

Pendidikan Agama Islam untuk Perguruan Tinggi

Pendidikan Agama Islam selalu diperlukan bagi umat Islam, tidak terkecuali mahasiswa. Materi ini tidak saja harus disajikan pada pendidikan level dibawahnya seperti SD, SMP, maupun SMA. Mahasiswa diharapkan mampu berinteraksi dan beradaptasi, serta berkontribusi untuk kehidupan dirinya maupun masyarakat sekiarnya.
Alasan penting mengapa Pendidikan Agama Islam harus disampaikan di perguruan tinggi cukup banyak dan kuat; antara lain alasan Psikologis, Sosial-Budaya, Historis, dan Yuridis. Untuk itulah, maka hadirnya materi Pendidikan Agama Islam di perguruan tinggi merupakan kebutuhan.
Selanjutnya, berdasarkan bahan perkuliahan, sumber referensi, hasil diskusi dan lain-lain, berikut akan kita perdalam lewat komentar dan ulasan berikut ini.
Saya yakin, hadirnya media teknologi semacam blog ini mempunyai sisi positif dan negatif. Namun ada baiknya kalau kita memaksimalkan sisi positifnya serta mengabaikan dan meminimalkan aspek negatif yang mungkin timbul, baik lewat ungkapan serta materi yang dirasa provokatif dan hoax.
Terima kasih, selamat berdiskusi.
Materi dapat didownload melalui http://syaifuddin-mr.com/kuliah-perdana-unair-2/ atau materi 1 dan materi 2.
Wassalam,
Syaifuddin.

57 komentar:

  1. Menurut Dr. Armai Arief, M.A pendidkan islam yaitu sebuah proses untuk menciptakan manusia- seutuhnya; beriman dan bertakwa kepada Tuhan serta mampu mewujudkan eksistensinya sebagai khalifah allah di muka bumi, bersandar kepada ajaran Al-quran dan Sunnah, maka tujuan dalam konteks ini berarti terciptanya insan-insan kamil setelah proses berakhir.
    Mengacu pada hal tersebut dihadirkannya mata kuliah agama islam sangatlah penting, guna pembentukan karakter karakter calon profesional yang tetap mengedepankan akhlak dan adab di dunia kerja nantinya. Juga menjadikan Al Quran dan Hadits sebagai acuan utama dalam kehidupan bermasyarakat. Bahkan seorang ilmuwan yahudi yakni Albert Einstein pernah mengatakan “ilmu tanpa agama buta, agama tanpa ilmu lumpuh". Terlihat sekali urgentsi pelajara agama dalam perkuliahan.
    Inas syadza wafikhoh (031811133101)

    BalasHapus
  2. 👍👍👍👍
    dalam komentar ini saudara/i disamping menyampaikan gagasan juga dapat menyampaikan pertanyaan agar dapat respon dari yang lain dengan memberikan tanda tanya “?” diakhir pertanyaan saudara/i.
    tks.

    BalasHapus
  3. Bagaimana sebenarnya cara penerapan pendidikan agama yang terbaik dalam perkuliahan dimana kita tau setiap orang memiliki cara pandang dan juga tingkatan pemahaman terhadap ilmu agama yg berbeda-beda satu sama lainnya? Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. kalau menurut cara pandang saya. kita bisa membuat open forum dengan banyak orang untuk sama2 berbagi ilmu atau juga dapat mengutarakan apa yg masing masing ketahui tentang ilmu agama yg sudah dibekali sajak lahir. Dari situ kita bisa mendapatkan wawasan dan juga dapat bertukar pendapat tentang hal hal yang bisa membuat pribadi masing masing untuk menjadi orang yg lebih baik kedepannya.
      (Tasya Anggielia, 071811133109 )

      Hapus
    3. Perspektif orang mengenai cara berperilaku dalam kehidupan memang berbeda-beda. Akan tetapi, jika dengan mempelajari agama, kita akan mengetahui dimana berperilaku dalam kehidupan yang sesuai. Sehingga diperlukan adanya pengarahan dan pengajar dari orang yang lebih paham dalam bidang agama. Untuk itu, menurut saya, kita sering memperdalam ilmu agama kepada pihak yang lebih ahli (atau ulama). Dan mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari.
      (Jihan Nahdah Rachmahdani, 031811133017)

      Hapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. Agama sangat berperan penting dalam membangun pendidikan mental dan moral. Tanpa agama kehidupan seseorang akan hancur, tidak punya ketenangan hidup, dan pastinya tidak punya tujuan hidup yang jelas. Selain itu agama juga merupakan sesuatu yang wajib dimiliki setiap orang. Kita sebagai warga Indonesia seharusnya tidak mengenal Atheis atau liberalisme karena kita diwajibkan untuk beragama sesuai dengan sila pancasila yang pertama, yaitu Ketuhanan yang Maha Esa. Dalam kehidupan kampus rata-rata agama dikesampingkan.
    Alissa Qotrun Nada (151810113031)

    BalasHapus
  7. apa yang lebih ditekankan pada pelajaran agama di tingkat perkuliahan?
    Faisal (071811233022)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Assalamualaikum wr.wb..
      Menurut saya selama ini pembelajaran agama disekolah selalu terfokus ke wilayah ilmiah, sehingga PAI selalu masuk ke wilayah tersebut. Menurut saya yang harus lebih ditekankan lagi lebih ke ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik, khususnya afektif. afektif akan menekankan pembelajaran agama yang bukan pada nalar. Materi bahan ajar pun lebih ditekankan pada materi-materi sederhana yang diukur dari perilaku sehari-hari, termasuk di dalamnya peningkatan aspek toleransi pada lingkungan, masyarakat, dll. Terima kasih ( Annisa Putri Karlina - 151811513018 )

      Hapus
    2. Menurut saya yang harus ditekankan dalam pelajaran Agama di tingkat perkuliahan adalah berbagi ilmu dengan cara berdiskusi di ruang kelas. Mengutarakan pendapat dan menyampaikan gagasan mengenai permasalahan-permasalahan yang terjadi saat ini. memang tidak dapat dipungkiri jika antara satu mahasiswa dengan mahasiswa lainnya memiliki perbedaan pendapat, dengan itu kita bisa tahu bagaimana satu individu bersikap dalam meghadapi perbedaan tersbut.
      kita sangat bebas dalam menyampaikan pendapat selama masih berada dalam batasan ruang lingkup yang dibenarkan syariat dengan penuh adab, sopan santun, tanpa menghina, tidak saling menyalahkan agar tercapai tujuan berdiskusi untuk mendapatkan kesimpulan.
      Ada kutipan menarik oleh Syeikh Dr. Yusuf Qardhawi, yaitu: “Kita saling bekerja sama dan tolong menolong terhadap masalah yang kita sepakati, sementara terhadap masalah yang kita perselisihkan semua kita harus menahan diri dan saling menghargainya”.
      Mira Audrea (061811133149)

      Hapus
  8. sertakan nim di akhir pertanyaan, komentar, jawaban, gagasan, dll.
    tks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. nama dan nim,
      atau nim saja juga tidak masalah karena kalau nama ada kemungkinan nama yang sama ☝️

      Hapus
  9. Assalamualaikum wr. wb.
    menurut pandangan saya, pendidikan agama adalah sangat mendasar. mengingat beragam prodi yang dipelajari mahasiswa sehingga pendidikan agama diharapkan dapat menjadi pedoman dalam mempelajari ilmu yang ditekuni. namun, seperti yang kita ketahui bahwa masih banyak mahasiswa atau pelajar yang memandang pendidikan agama dengan sebelah mata (meremehkan). dalam hal ini saya ingin menanyakan tentang bagaimana cara untuk menyikapinya apabila hal tersebut terjadi disekitar kita?. terimakasih
    wassalamualaikum wr.wb. agita (082233649706)

    BalasHapus
  10. Namira Stalina IzandraRabu, 22 Agustus, 2018

    Dalam Q.S. Al Mujadilah ayat 11 "Hai orang-orang beriman apabila dikatakan kepadamu: “Berlapang-lapanglah dalam majlis”, maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan: “Berdirilah kamu”, maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan."
    Dalam ayat tersebut dijelaskan bahwa dengan ilmu dan pemahaman yang benar maka amal dan ibadah kita dapat berpengaruh pada hati dan jiwa kita serta kepada tubuh fisik kita dan kepada segala sesuatu selain kita.
    Adanya mata kuliah agama itu sendiri sangat penting untuk membangun pribadi yang taat kepada Allah dan menerapkan Al-Quran sebagai landasan dalam menuntut ilmu untuk bekal kita dalam kehidupan bermasyarakat.
    Namira Stalina Izandra(031811133141)

    BalasHapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  12. menurut saya, agama memang sudah harus diterapkan di dalam kehidupan kita masing masing. karena agama merupakan tonggak kita untuk beriman dan bertaqwa kepada Allah. kita sudah di ajarkan untuk menganut agama islam sejak kecil. untuk mata kuliah agama di sini sangat di perlukan sekali agar mahasiswa dapat meningkatkan iman&taqwa serta dapat menjauhkan diri dari pengaruh negatif yang barangkali ada di sekitar kita. sekian pendapat saya. terimakasih
    Chiesa Rizky I.A (071811133028)

    BalasHapus
  13. Assalamualaikum wr.wb
    Menurut saya di jaman yang serba modern ini baik dari teknologinya maupun sumber daya manusianya sudah sangat maju . dan generasi" millenial saat ini contohnya mahasiswa dan kaum pemuda-pemudi saat ini yang cara berfikirnya lebih modern dan lebih kreatif pastinya ini sangat berdampak bagi kemajuan suatu bangsa . Dan dengan diajarkanya PAI di perguruan tinggi ini agar kecerdasan para kaum pemuda dan mahasiswa ini berjalan sesuai dengan syariat islam yang ada dan juga nantinya hal-hal tersebut berguna bagi masyarakat maupun bangsa dan negara . Jadi intinya PAI sangat penting diajarkan di perguruan tinggi. Agar kecerdasan yang dimiliki dan iman yang dimiliki mahasiswa berjalan dengan selaras dan berguna nantinya bagi masyarakat.ini merupakan gagasan dan pendapat saya mengenai pentingnya pendidikan PAI di perguruan tinggi
    ANANDA NICOLA (071811133107)

    BalasHapus
  14. Menurut saya sendiri mempelajari gama Islam merupakan hal yang terpenting bahkan lebih penting dari pendidikan yang lain. Tanpa adanya agama kita akan berperilakuan seenaknya berlawanan yang ada di Al-Quran. Dan agama islam diuniversitas sangat perlu karena dapat membuat iman kita sebagai muslim karena di Universitas kita bertemu banyak macam RAS dan agama. Saya kira hanya itu yang dapat saya sampaikan. Terima Kasih

    BalasHapus
  15. Menurut saya sendiri mempelajari gama Islam merupakan hal yang terpenting bahkan lebih penting dari pendidikan yang lain. Tanpa adanya agama kita akan berperilakuan seenaknya berlawanan yang ada di Al-Quran. Dan agama islam diuniversitas sangat perlu karena dapat membuat iman kita sebagai muslim karena di Universitas kita bertemu banyak macam RAS dan agama. Saya kira hanya itu yang dapat saya sampaikan. Terima Kasih

    BalasHapus
  16. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  17. Menurut saya sebagai umat muslom diuniveritas Airlangga saya mengganggap bahwa menekuni agama islam merupakan hal wajib bahkan lebih oentinp dari mempelajari pendidikan yang lain. Kita tanpa adanya agama kita akan berlaku seenaknya tanpa adanya arah yang berbeda dengan ada yang di Al-Quran. Dan adanya pendidikan agama islam diuniversitas sangatlah perlu karena dapat memperkuat mahasiswa yang akan menghadapi bermacam-macam ras dan agama yang ada diUniversitas Airlangga. Saya kira hanya itu yang dapat saya sampaikan. Terima kasih

    Jimmy Kurniawan (071811133067)

    BalasHapus
  18. Pendidikan agama dirasa sangat penting bahkan ditingkat perguruan tinggi sekali pun. Karena sesungguhnya agama merupakan sebuah tiang kehidupan. Agama pula yang menjadi sumber moral, selain itu juga menjadi sebuah petunjuk kebenaran dan agama juga memberikan bimbingan rohani bagi manusia.
    Nimas Ajeng Pangestu (151810113034)

    BalasHapus
  19. Assalamualaikum Wr.Wb
    Menurut pandangan saya,Pendidikan Agama Islam masih dibutuhkan di jenjang perkuliahan. Mengapa? Karena dengan adanya Pendidikan Agama Islam di awal semester jenjang perkuliahan,kami sebagai mahasiswa dibekali pendidikan dasar beragama yang mengandung nilai moral-moral tertentu sehingga diharapkan dapat bermanfaat nantinya saat kami menjalani studi perkuliahan dan saat menjadi ahli dalam bidangnya masing-masing. Selain itu,pendidikan agama islam dapat menjadi gerbang moral keilmuan dalam perkembangan IPTEK. Dengan demikian, rasionalitas sebuah nilai-nilai moral agama dibutuhkan berhadapan dengan perkembangan aktual dunia ilmu.
    Sekian,Terima Kasih.
    Wassalamualaikum. Wr.Wb
    Nandani Bayu Prasanti (031811133037)

    BalasHapus
  20. Assalamualaikum wr.wb
    Saya ingin bertanya, bagaimana kalian menyikapi seorang teman yang memiliki pandangan berbeda terhadap agama islam dan hampir menuju radikalisme?
    terimakasih.
    Mira Audrea (061811133149)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waallaikumusalam Wr Wb
      Menurut saya dalam menyikapi hal tersebut apabila terjadi pada teman saya
      Hal pertama untuk mencegah paham radikalisme ialah memperkenalkan ilmu pengetahuan dengan baik dan benar. Pengenalan tentang ilmu pengetahuan ini harusnya sangat ditekankan kepada siapapun, terutama kepada para generasi muda. Hal ini disebabkan pemikiran para generasi muda yang masih mengembara karena rasa keingintahuannya, apalagi terkait suatu hal yang baru seperti sebuah pemahaman terhadap suatu masalah dan dampak pengaruh globalisasi, Lalu ilmu ini harus diperkenalkan secara baik dan benar, dalam artian haruslah seimbang antara ilmu umum dan ilmu agama. Sedemikian sehingga dapat tercipta kerangka pemikiran yang seimbang dalam diri. Terimakasih

      Aditya Beriyan G (031811133089)

      Hapus
    2. Waallaikumsallam wr.wb.
      Saya ingin mencoba membantu menjawab pertanyaan ini. Menurut saya, pertama: kita sebagai teman seharusnya bukan menjauhi mereka yang memiliki cara pandang yang berbeda terhadap agama islam, kedua : ajak mereka untuk mencari fakta-fakta yang sebenarnya mengenai islam dengan bertanya pada yang lebih berilmu contohnya. Ketiga : luruskan pola pikir mereka dengan cara yang lembut dan tidak menyinggung serta yang terakhir ajak mereka untuk melihat kenyataan-kenyataan yang ada mengenai bahayanya segala bentuk radikalisme yang sudah pernah terjadi.
      Dian Utami Rahmawati (151810283007)

      Hapus
    3. Waalaikumsalam wr.wb
      Menurut saya untuk menyikapi teman yang berbeda pandangan Islam dan hampir menuju radikalisme adalah dengan melakukan pendekatan ke teman kita dan menjelaskan fakta sebenarnya ajaran-ajaran islam dan menjelaskan untuk tidak menghalalkan segala cara untuk mendapat surganya Allah.
      Pascaningwiyati Sugianto Putri (131811133147)

      Hapus
  21. Assallamualaikum wr.wb
    Saya mau bertanya mengenai pendapat dari teman-teman tentang fenomena masuknya radikalisme melalui ukm-ukm kampus yang biasanya berlatar belakang ukm kerohanian islam. Seperti contohnya berita radikalisme di salah satu universitas di Indonesia. Pada berita tersebut dikatakan pihak kampus awalnya beranggapan bahwa tidak ada yang mencurigakan hingga akhirnya densus 88 berhasil menggeledah dan mendapatkan beberapa bukti senjata untuk terorisme. Melihat hal ini pasti masyarakat beranggapan bahwa pihak kampus kurang peduli terhadap kegiatan-kegiatan yang dilakukan mahasiswanya. Lalu bagaimana seharusnya langkah-langkah dari pihak kampus atau universitas untuk mengantisipasi munculnya kejadian seperti pada berita ?
    Dian Utami R (151810283007)

    BalasHapus
  22. Waallaikumsallam wr.wb
    Menurut saya, langkah-langkah yang dapat dilakukan oleh universitas dalam menanggulangi radikalisme yang terselubung itu adalah yang pertama pihak universitas dapat melakukan pengawasan terhadap ormawa-ormawa yang ada di universitas. Yang kedua pihak universitas dapat mengadakan seminar untuk mencegah tumbuhnya bibit-bibit radikalisme. Yang ketiga universitas dapat melakukan pendekatan melalui agama dan kewarganegaraan kepada mahasiswa/i yang terindikasi radikalisme.
    Nur 'Aeni Maghfiroh(131811133150)

    BalasHapus
  23. Assalamualaikum Wr.Wb
    Menurut pandangan saya, mempelajari agama islam ditingkat universitas itu sangat penting karena disaat saat itu lah kita banyak diperlihatkan bahkan bisa saja disusupkan paham-paham yang sekiranya menyesatkan dari agama islam yang mana itu bisa menjurus ke berbagai hal buruk yang bisa kita lakukan bilamana kita tidak bisa mempertahankan iman kita. Selain itu jika kita tersusupi oleh salah satu paham-paham yang bertentangan tersebut kita akan melakukan suatu tindakan yang bisa merugikan diri sendiri maupun orang lain, misalnya tindakan kejahatan terorisme yang mana itu melanggar dan merampas hak hidup orang lain. Penting bagi kita disini mempelajari agama islam karena selain kita bisa memperdalam ilmu nya, kita juga bisa terhindar dari melakukan tindakan kejahatan karena kita telah berpegang teguh terhadap iman kepada Allah SWT. Nah untuk itu sekiranya agama islam nanti harusnya diwajibkan dipelajari sampai lulus kuliah yang mana ilmunya bisa kita pakai jika kelak nanti kita berada didunia yang sesungguhnya dimana nanti kita diharapkan bisa tetap berpegang teguh terhadap keimanan kita sebagai seorang muslim.
    Aldika Cahya Narendra (031811133013)

    BalasHapus
  24. Assalamualaikum wr wb
    Menurut saya pelajaran PAI sangat penting diajarkan di PT. Memang benar bahwa sejak kecil, manusia telah diajarkan agama dari orang tua, sekolah dasar, sekolah menengah pertama, dan sekolah mengah akhir. Namun, tidak dapat berhenti di tahap tersebut, manusia terus tumbuh, teknologi semakin maju dan masyarakat makin berkembang. Jika mempelajari agama tidak ditingkatkan maka manusia akan kehilangan arah dan tujuan hidup. Agama sebagai pedoman hidup yang menuntun manusia untuk menjalani kehidupan sebagai anugerah yang diberikan Allah swt, sehingga kita sebagai manusia seharusnya tidak menganggap enteng pelajaran agama dan lebih meningkatkan ilmu agama yang kita miliki untuk kehidupan di dunia dan akhirat yang lebih baik.
    (151810113032)

    BalasHapus
  25. Selain pendidikan Agama Islam sangat penting dilihat dari alasan psikologis, sosial-budaya, historis, dan yuridis, Agama Islam juga dapat membangun masyarakat generasi muda khususnya mahasiswa/i untuk meningkatkan budi pekerti dengan selalu berorientasi pada agama dalam melakukan segala hal. Dengan begitu, mulailah sedikit demi sedikit pendidikan karakter itu muncul dengan ditunjang pendidikan Agama Islam yang telah diterapkan.
    Noering Ratu Fatheha Fauziah Sejati (031811133082)

    BalasHapus
  26. assalamualaikum wr.wb.
    Menurut saya, pendidikan agama islam sangatlah penting diterapkan di bangku perkuliahan. Sebenarnya tidak hanya sampai di bangku perkuliahan saja. Pendidikan agama islam tetap harus kita pelajari sampai kapanpun. Karena sebenarnya agama merupakan pegangan dan petunjuk setiap manusia. Dengan kita memiliki kepercayaan kita dapat membatasi diri kita dari perbuatan perbuatan yang dapat menjerumuskan kita ke neraka. Apalagi di masa perkuliahan, mahasiswa/i yang kebanyakan di usia remaja sangat plin plan dan mudah terpengaruh. Dengan adanya pendidikan agama islam dapat memberikan kita bekal di dunia dan akhirat.
    Oky Susandani (151811213049)

    BalasHapus
  27. Assalamualaikum, menurut saya PAI memang sangat penting untuk tetap diajarkan dibangku perkuliahan. karena tidak menutup kemungkinan masih banyak nya mahasiswa/i yang masih ingin memperdalam pelajaran Agama meskipun sudah berada di bangku kuliah. karena menurut saya pula, belajar Agama tidak hanya untuk anak-anak tapi orang dewasa juga tetap membutuhkan pendidikan Agama. terima kasih Anggun Afifah A. (151811213051)

    BalasHapus
  28. Assalamualaikum Wr. Wb.
    Menurut saya agama adalah pegangan hidup setiap manusia, agama juga merupakan fondasi hidup seseorang. Untuk itu menurut saya pendidikan ajaran Agama islam sangat penting di perguruan tinggi. Dari kecil kita sudah mendapatkan pendidikan agama bukan berarti pada perguruan tinggi pendidikan agama tidak di perlukan lagi, malah menurut saya pendidikan agama islam sangat di perlukan oleh mahasiswa/i karena pada masa-masa seperti inilah mental dan sifat seseorang bisa goyah serta berubah-ubah ditambah hal-hal negatif akan lebih mudah masuk apabaila kita tidak memiliki keimanan yang kuat maka dari itu pendidikan agama islam di perguruan tinggi inilah kita bisa membuat fondasi keimanan yang lebih kuat agar mampu menghadapi hal-hal yang negatif di luar sana.
    Dia Aisa Amelda (031811133026)

    BalasHapus
  29. Menurut saya pelajaran agama dalam kehidupan sangatlah penting. Tidak perduli itu untuk mahasiswa ataupun siswa. Karena nilai-nilai agama harus dimiliki oleh setiap manusia, baik yang masih kecil ataupun yang sudah dewasa. Kita sebagai manusia sangat membutuhkan nilai agama agar kehidupan kita bisa menjadi lebih sejahtera.

    (061811133139)

    BalasHapus
  30. Menurut saya, agama di perguruan tinggi sangatlah penting. Karena saat di perguruan tinggi kehidupan sudah semakin bebas tidak seperti saat masih sma dimana kehidupan kita diatur dari aturan A sampai Z. Sedangkan di perguruan tinggi, kita dituntut untuk mandiri dan tidak terikat 100% oleh aturan atau lebih bebas. Dengan adanya kebebasan ini, maka kita akan lebih mudah untuk dimasuki paham paham yang kurang baik. Pentingnya agama untuk perguruan tinggi adalah sebagai pegangan dalam melawan hal-hal yang bisa merusak kehidupan kita baik moral, akhlak dll. Dan sebagai persiapan kedepannya dimana tidak hanya aspek intelektual saja yang diutamakan tetapi spiritual juga perlu.

    Mar'i Ariful Hakim
    071811133065

    BalasHapus
  31. Assalamualaikum wr.wb.
    Menurut saya, mempelajari ilmu agama itu tidak ada batasnya, mau itu masih kecil, sudah tua, saat SD, atau bahkan saat di bangku kuliah. Agama merupakan pedoman dan panduan kita dalam menjalani hidup. Banyak sekali pelajaran-pelajaran mengenai hidup yang diajarkan olah oleh agama kepada kita, bahkan mulai kita bangun tidur hingga kita kembali tidur, semua sudah ada aturannya dalam agama Islam. Ajaran-ajaran agama Islam sangat berguna untuk kelangsungan hidup kita baik di dunia maupun di akhirat. Tidak ada kata terlambat untuk mempelajari ilmu agama, semua orang berhak mendapatkannya, apalagi kita sebagai seorang mahasiswa yang mana sangat membutuhkan penggetahua-pengetahuan mengenai agama untuk memperkuat iman kita dsn juga sebagai pedoman untuk menjelajahi dunia yang ssngst indah ini. Wassalamualaikum wr.wb.
    Anisa Qurota Mawa Adna (071811133104)

    BalasHapus
  32. Assalamualaikum wr.wb.
    Menurut saya Belajar itu tidak ada batas usianya, manusia belajar dari dia lahir hingga dia meninggal begitu pula dengan mempelajari ilmu agama sama sama tidak ada batas usianya. dan mengapa kita harus mempelajari ilmu agama? karena jika kita mempelajari ilmu saja tanpa ada ilmu agama kita tidak akan tahu arah apakah itu benar atau salah karena kita memiliki sebuah pedoman kita tidak akan ragu ragu dan yakin mempelajari ilmu itu.
    Wassalamualaikum wr.wb.
    Muzakki(151811513013)

    BalasHapus
  33. Assalamualaikum wr.wb. Menurut saya pendalaman agama khususnya islam di lingkungan perkuliahan itu sangat penting, mengapa? Karena jaman sekarang ini banyak kaum remaja atau mahasiswa/i yang meremehkan kewajiban mereka sebagai penganut agama islam. Mereka lebih mementingkan dunia daripada akhiratnya. Dengan adanya pendalaman materi di bangku perkuliahan membuat mereka sedikit demi sedikit sadar bahwa mereka harus lebih takut pada sang pencipta untuk tidak meninggalkan kewajibannya sebagai seorang muslim. Wassalamualaikum wr. wb.
    Nadira emillita m (131811133153)

    BalasHapus
  34. Assalamualaikum wr. Wb
    Menurut sudut pandang saya sebagai seorang muslim dan sekarang berstatus mahasiswa, banyak fenomena sosial di masyarakat yang tidak selaras dengan nilai agama islam, khususnya kenakalan remaja. Hal-hal seperti seks bebas, penyalahgunaan napza dan sebagainya telah menjadi hal yang dianggap wajar di kota-kota besar khususnya di Surabaya ini. Mahasiswa-mahasiswa yang notabene nya masih berstatus sebagai anak muda juga tidak lepas dari belenggu hal-hal yang sdh saya terangkan diatas, maka dengan demikian sudah sewajarnya pendidikan moral diberikan kepada mereka dan dalam hal ini adalah pendidikan berbasis agama yang terkandung nilai-nilai kebaikan dan juga sekaligus untuk menjadi "perisai" bagi mahasiswa-mahasiswi muslim dalam menghadapi kehidupan saat di kampus maupun di luar kampus.
    Sekian dari saya terima kasih
    Wassalamualaikum wr. Wb
    Muhammad Dradjat Kusumaningrat (031811133156)

    BalasHapus
  35. Menurut saya dengan diadakannya kelompok mata kuliah agama ini berfungsi memberikan pembinaan dasar kepribadian mahasiswa sebagai manusia, memberikan pembinaan ospek rohani atau mental spiritual mahasiswa sehingga diharapkan seorang lulusan perguruan tinggi akan menjadi seorang anggota masyarakat yang bertanggung jawab terutama di dalam mempergunakan ilmunya atas dasar keyakinannya sebagai suatu kebenaran yang dibuktikan dengan akal dan rasa; dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari baik dalam bentuk karsa, sikap maupun karya sebagai pancaran iman, akhlak al-karimah dan amal saleh.
    Fifi Fauziah Ramadhani (061811133142)

    BalasHapus
  36. Menurut saya, tidak sedikit mahasiswa yang menyangkut pautkan pelajaran politik dengan agama islam sehingga terkesan menerima ilmu dan langsung dipadupadankan dengan agama tanpa berfikir secara realitas dan memilah mana yang harus disangkutkan dengan agama dan mana yang tidak. Bagaimana menurut bapak/teman-teman tentang fenomena tersebut?
    Mutia Safira Fitri (071811233021)

    BalasHapus
  37. Menurut cara pandang saya bawa ilmu pendidikan agama islam dalam perguruan tinggi sangatlah Amat penting dikarenakan tidak hanya sebagai pondasi bagi Para mahasiswa, mata kuliah ini adalah Salah Satu media yang digunakan sebagai pembentuk karakter pribadi muslim yang taat Dan beriman dikalangan Para mahasiswa.

    BalasHapus
  38. Menurut cara pandang saya bawa ilmu pendidikan agama islam dalam perguruan tinggi sangatlah Amat penting dikarenakan tidak hanya sebagai pondasi bagi Para mahasiswa, mata kuliah ini adalah Salah Satu media yang digunakan sebagai pembentuk karakter pribadi muslim yang taat Dan beriman dikalangan Para mahasiswa.

    Alkautsar Rizki Arifinsa (061811133144)

    BalasHapus
  39. Makna Islam adalah agama yang di tuturkan oleh Allah SWT. Kepada nabi Muhammad Saw. melalui malaikat Jibril 'alaihis salam; kemudian nabi Muhammad Saw. Menyampaikan agama Islam itu kepada umatnya melalui pengajaran, bimbingan, dan keteladanan. Agama Islam model ini berlaku hingga akhir zaman dari pernyataan tersebut sudah jelas bahwa agama sangat penting bagi kehidupan manusia bahkan nabi Muhammad Saw menyampaikan agama Islam dengan cara pengajaran, bimbingan dan keteladanan dan itu berlaku hingga akhir zaman jadi pelajaran agama Islam ini sangat penting di ajarkan di perguruan tinggi karena agama adalah fondasi dalam kehidupan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kevin Mardotillah (061811133146)

      Hapus
  40. Menurut saya, peran agama islam di perguruan tinggi sangatlah penting, dalam prakteknya saja banyak mahasiswa yang terjerumus kedalam radikalisme dan pergaulan bebas, tentu hal tersebut dimulai dari kurangnya ilmu agama atau kurangnya mendalami agama islam itu sendiri, padahal agama merupakan pondasi seseorang untuk menjalani kehidupan, maka dari itu pendidikan agama islam sangat dibutuhkan hingga perguruan tinggi

    Taufiq Haryowibowo (061811133150)

    BalasHapus
  41. Menurut saya agama islam dalam perkuliahan ini sangat penting karena agar kita tidak terjerumus dalam kesesatan duniawi dan agar kita selalu di jalan yang dirahmati allah swt selain itu pai membuat kita dapat mendalami agama islam
    Riedho Aulia Anggara (061811133217)

    BalasHapus
  42. Menurut saya cara berperilaku seseorang di dalam kehidupan itu berbeda-beda terutama dalam agama. Setiap orang walaupun agamanya sama mungkin bisa jadi mereka memiliki pandangan yang berbeda, biasanya cara pandang seseorang tergantung pada lingkungan sekitarnya karena mungkin terbiasa dengan sekitarnya yang seperti itu. Dari pernyataan saya di atas dapat di simpulkan bahwa pelajaran agama di kalangan mahasiswa itu penting karena mahasiswa pasti dari berbagai daerah dan kita bisa saling berbagi ilmu untuk menjadikan wawasan kita menjadi luas
    Levi aninditya wardhani ( 071811133105 )

    BalasHapus
  43. Bagi Saya, pendidikan agama islam di Perguruan Tinggi merupakan suatu penguatan rohani yang lebih mendalam dan lebih mendorong pada pemantapan agama islam dalam penerapan kehidupan sehari-hari. Terlepas dari isu-isu yang berkembang ditengah kehidupan masyarakat dan khususnya umat islam, agama islam hadir sebagai pemberi jalan terang berupa kepastian dari segala hal yang muncul ditengah kehidupan manusia. Penempatan agama islam dalam Perguruan Tinggi diperlukan dalam rangka menciptakan pribadi yang ber-Iman dan ber-Taqwa kepada Allah SWT. Terlebih lagi dalam hal psikologis, dimana agama islam merupakan pendorong jiwa manusia untuk selalu bertindak positif dan merasakan nyaman dan damai dalam beragama. Dapat juga dikatakan, pendidikan agama islam dalam Perguruan Tinggi juga harus dipandang sebagai suatu penjernihan dan merupakan kemurnian yang nantinya dapat diperoleh baik dalam pelaksanaan pembelajaran maupun pasca pembelajaran, sehingga dapat menjadikan pribadi manusia menjadi lebih baik dan menciptakan sarjana yang unggul dalam segi Akhlak, Iman, dan Takwa.

    031811133061

    BalasHapus
  44. Menurut saya pendidikan agama islam di perguruan tinggi sangat diperlukan karena hal ini dapat mendorong mahasiswa untuk semakin beriman kepada Allah selain itu hal ini juga sangat penting bagi mahasiswa yang jauh dari orang tuanya. Pendidikan agama ini akan membantu para mahasiswa yang berasal dari luar kota untuk mengingatkan mereka agar selalu beriman dan tidak neko-neko pada saat perkuliahan. Selain itu melalui pendidikan dan pengajaran, berdampak pada akhlak yang baik. Apabila seseorang yang pada awalnya belum begitu mengetahui tentang ilmu agama, kemudian ia mempunyai niat untuk memperdalam ilmu agamanya dengan cara menuntut ilmu , maka dengan seiring berjalannya waktu ia akan mengerti tentang ilmu agama. Selain itu moralnya juga menjadi lebih baik lagi dari pada sebelumnya. Kemudian ketika di dalam masyarakat ia sudah siap apabila di minta tolong untuk melakukan suatu hal yang berhubungan dengan agama. Pendidikan juga sebagai sarana untuk mempelajari aspek-aspek dalam kehidupan yang menjadikan para pemuda mempunyai dasar pemikiran yang kokoh. Karena dengan dengan itu seseorang menjadi terbiasa dalam berfikir secara kritis dan dengan dasar-dasar pendidikan agama Islam seseorang dapat berfikir secara jernih dan tidak bingung apabila menghadapi persoalan kehidupan. Dengan terwujutnya suatu karakter pada generasi muda akan berdampak positif baik untuk dirinya sendiri maupun untuk orang-orang di sekitarnya, dan menjadikan perubahan dalam masyarakat, yang dulunya sangat pasif, tidak mengetahui agama secara keseluruhan, dan berakhlak yang kurang, sekarang menjadi aktif dalam segala hal, berwawasan luas, berakhlak yang baik. Karena jika seseorang kepribadiannya masih sangat kuno, pasti akan banyak sekali masalah-masalah yang muncul yang mengakibatkan pertentangan antar individu atau antar kelompok. Mereka tidak bisa berfikir positif dan menjadi semena-mena dalam menentukan keputusan.
    Firnanda Arifatul Cahyani (031811133078)

    BalasHapus
  45. Menurut saya, Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi sangat penting. Pendidikan Agama Islam mengajarkan kita bagaimana cara muslim berperilaku di masyarakat, bagaimana cara seseorang dapat menyeimbangkan antara urusan duniawi dan akhirat, bagaimana para intelek tetap cinta pada Tuhannya. Sebagai seseorang terpelajar, terkadang seseorang lupa dari mana ilmu itu didapat. Oleh karena itu PAI diharapkan mampu menyadarkan para mahasiswa bahwa urusan duniawi itu penting namun urusan akhirat juga penting. Mahasiswa yang cerdas pasti mampu menyeimbangkan keduanya.
    Vania Widyadhari Damayanti (151810113026)

    BalasHapus
  46. Assalamualaikum wr.wb
    Menurut pendapat saya, Pendidikan Agama Islam sangat penting diberikan disemua jenjang pendidikan terutama di Perguruan Tinggi. Dengan adanya Pendidikan Agama Islam diharapkan mampu meningkatkan tingkat pengetahuan kita tentang agama islam dan ketaatan kita kepada Allah SWT. Tapi sangat disayangankan karena durasi waktu untuk Pendidikan Agama Islam sangat singkat, sehingga banyak keterbatasan dalam penyampaiannya.
    Amelia Rizki N (151811213046)

    BalasHapus
  47. Assalamualaikum wr. wb.
    Menurut saya, Pendidikan Agama Islam adalah pelajaran yang wajib diberikan sejak dini dan harus selalu diberikan di setiap jenjang pendidikan.
    Semakin kita beranjak dewasa, semakin banyak pengaruh dari luar yang menghampiri kita. Pengaruh itu bisa merupakan pengaruh baik maupun buruk. Pergaulan, pemahaman, dan kebiasaan seorang siswa/mahasiswa bisa sangat berubah-ubah sesuai lingkungannya.
    Saat lingkungan untuk menuntut ilmu adalah lingkungan yang positif, maka kita akan menjadi seseorang yang menjauhi kenegatifan. Begitu juga sebaliknya.
    Di sini, peran Pendidikan Agama Islam adalah untuk membentengi diri kita dari pengaruh buruk dari luar. Selain itu juga untuk membentuk diri kita sebagai muslim yang selalu taat kepada Allah SWT., memiliki banyak pengetahuan tentang agama Islam, selalu berpikiran positif, dan bersikap baik
    kepada siapapun.

    Tissa Aurellia Widodo (151811213050)

    BalasHapus