Selamat Datang

Alhamdulillah, blog ini masih dapat dimanfaatkan untuk melengkapi kekurangan fasilitas website http://syaifuddin-mr.com/
Blog ini digunakan untuk memperpanjang pertemuan kuliah yang dibatasi tempat dan waktu. Semoga bermanfaat.

Syaifuddin

19 Februari 2020

Konsep Dasar Psikologi (Kelompok 2)

Dosen, Syaifuddin, Kelas B dan C, 196911291994031003.

Pada kuliah "kelompok 2 ini" kita akan membahas konsep dasar psikologi terkait dengan pengertian psikologi;  objek formal dan material psikologi;  tujuan memperlajari psikolog; manfaat mempelajari psikologi;  dan ruang lingkup psikologi.Beberapa  materi awal ini masih bersifat dasar sehingga masih merupakan konsep dasar dan belum terlalu operasional.
Pada diskusi kali inipun diharapkan saudara/i berdiskusi secara online tentang topik di atas tanpa harus terlalu memposisikan diri sebagai pemakalah atas peserta diskusi, meskipun harapan saya bagi pemakalah hendaknya memantau diskusi/atau komentar dalam topik ini.
Diharapkan saudara saling berbagi tentang topik di atas. Makalah dapat di share oleh pemakalah di grup WA, karena forum ini hanya sebagai kepanjangan pertemuan dengan tidak terikat oleh tempat dan waktu. Sebelum menyampaikan pendapat saudara/i dapat mencantumkan identitas seperti yang saya contohkan di atas dengan format "Pemakalah/Peserta, Nama, Kelas, Nim".

Selamat berdiskusi !

1 komentar:

  1. Nama Kelompok:
    1. Alfi Yatunnaafi'ah (D71219059)
    2. Mohammad Farid Alfarisi (D91219129)
    3. Wardatul Abadiyah (D91219156)
    Bab : *Konsep Dasar Psikologi*

    Assalamu'alaikum wr wb
    Kami dari kelompok 2 akan menjelaskan sedikit tentang konsep dasar psikologi. Berikut penjelasan singkat mengenai konsep dasar psikologi.

    *A. Pengertian Psikologi*
    Psikologi berasal dari bahasa yunani kuno "psyche" yang berati jiwa dan "Logos" yang berarti kata. Psikologi adalah ilmu yang mempelajari jiwa dan mental. Jadi psikologi dapat didefinisikan sebagai ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku dan proses mental manusia, baik sebagai individu maupun dalam hubungannya dengan lingkungannya.

    *B. Objek Formal dan Material Psikologi*
    Obyek Psikologi
    Di muka telah dikatakan bahwa psikologi adalah ilmu yang berusaha menyelidiki, jadi yang menjadi obyek daripada psikologi adalah manusia. Karena sifat-sifat manusia yang sangat kompleks dan unik, maka obyek psikologi biasanya dibedakan menjadi 2 macam :
    1. Obyek material, yakni obyek yang dipandang secara keseluruhannya. Adapun obyek material dari psikologi ialah manusia. Manusia, disamping menjadi obyek psikologi juga menjadi obyek bagi ilmu-ilmu yang lain. Sosiologi, antropologi, sejarah, biologi, ilmu kedokteran, ilmu hukum, ilmu mendidik, semua-nya obyeknya adalah manusia
    2. Obyek formal, jika dipandang menurut aspek mana yang dipentingkan dalam penyelidikan psikologi itu. Dalam hal ini maka obyek formal dari psikologi adalah berbeda-beda menurut perubahan zaman Yunani sampai dengan abad pertengahan misalnya, yang menjadi obyek formalnya adalah hakekat jiwa. Kemudian pada masa Descartes obyek psikologi itu ialah gejala-gejala kesadaran, yakni apa-apa yang langsung kita hayati dalam kesadaran kita : tanggapan, perasaan, emosi-emosi, hasrat kemauan dan sebagainya. Pada aliran behaviorisme yang timbul di Amerika pada permulaan abad ke-20 ini yang menjadi obyeknya ialah tingkah laku manusia yang tampak (lahiriah). Sedangkan pada aliran psikologi yang dipeoposri oleh Freud, Obyek adalah gejala-gejala ketidaksadaran manusia.

    *C. Tujuan Mempelajari Psikologi*
    1. Untuk Mempelajari Situasi Dalam Proses Pembelajaran
    Psikologi banyak memberikan kontribusi kepada pendidik dan calon pendidik untuk meningkatkan efisiensi proses pembelajaran pada kondisi tertentu, sehingga dapat mempelajari hal berikut :
    a. Memahami setiap individu (peserta didik)
    b. Penciptaan iklim belajar yang kondusif di dalam kelas
    c. Pemilihan strategi dan metode pembelajaran
    d. Memberikan bimbingan kepada peserta didik
    e. Mengevaluasi hasil pembelajaran
    2. Untuk Penerapan Prinsip Belajar Mengajar
    Psikologi juga memiliki peran penting dalam penerapan pembelajaran seperti :
    a. Menetapkan tujuan pembelajaran
    b. Penggunaan media pembelajaran
    c. Penyusunan jadwal pembelajaran

    *D. Manfaat Mempelajari Psikologi*
    1. Memahami penyebab dari perilaku yang muncul pada diri sendiri ataupun orang lain
    2. Dapat memahami diri sendiri, bagaimana watak kita, bagaimana kepribadian kita.
    3. Dapat membantu orang lain dalam memecahkan masalah dilihat dari sudut pandang yang berbeda.

    *E. Ruang Lingkup Psikologi*
    Apabila kita melihat dari pandangan ilmu psikologi sebagai ilmu yang mempelajari perilaku. Semua perilaku yang ditunjukkan oleh manusia adalah ruang lingkup yang bisa dipelajari. Serta dapat dijelaskan oleh ilmu psikologi.
    Selain mempelajari tentang perilaku manusia, psikologi juga mempelajari segala hal yang berhubungan dengan manusia.
    Pada dasarnya, segala macam kegiatan atau aktivitas yang melibatkan manusia di dalamnya adalah ruang lingkup dari ilmu psikologi. Karena itulah hingga saat ini muncul berbagai disiplin ilmu terapan dari psikologi.

    Sekian yang dapat kami sampaikan, apabila ada pertanyaan atau hal yang kurang jelas, bisa di tanyakan di kolom komentar....

    BalasHapus